Strategi Penyandang Disabilitas Fisik Dalam Memenuhi Kebutuhan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Kepala Keluarga Penyandang Tuna Daksa Di Desa Bulan Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Penyandang Disabilitas Fisik Dalam Memenuhi Kebutuhan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Kepala Keluarga Penyandang Tuna Daksa Di Desa Bulan Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai)

XML

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisa strategi yang dilakukan oleh kepala keluarga penyandang tuna daksa dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga di Desa Bulan Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi Survival (pertahanan hidup) oleh James Scoot. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 13 (Tiga belas) orang informan yaitu kepala keluarga penyandang tuna daksa 6 orang informan, 3 orang informan berstatus sebagai istri, 2 orang informan berstatus sebagai anak, 1 orang informan masyarakat biasa, 1 orang informan sebagai perangkat Desa. Dengan teknik penarikan informannya adalah purposive sampling atau sampling bertujuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk strategi yang dilakukan oleh kepala keluarga penyandang tuna daksa di Desa Bulan, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga yaitu : (1) meminimalisir pengeluaran, yaitu kepala keluarga penyandang tuna daksa serta istri dan anak-anak mengurangi sebanyak mungkin biaya pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk keperluan hidup seharihari. (2) mengandalkan bantuan keluarga inti (isti dan anak) (3) memanfaatkan bantuan jaringan diluar keluarga inti yaitu keluarga besar dan tetangga dengan cara meminjam uang kepada tetangga terdekat atau orang yang dirasa mampu dapat membantu informan penelitian serta menerima bantuan dari keluarga besar berupa uang, pakaian, dan beras (4) memanfaatkan lembaga-lembaga sosial lokal, arisan, dan pemberi kredit formal (5).meningkatkan keterampilan yang dimiliki, memanfaatkan bakat untuk membuat prabot-perabot rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa, kepala keluarga penyandang tuna daksa di Desa Bulan, Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai memiliki strategi survival untuk tetap mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya demi melansungkan kehidupan. Saran dalam penelitian ini yaitu, agar secara khusus pihak yang berwenang memberikan bantuan sosial ekonomi kepada para penyandang disabilitas di Desa Bulan Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai.


Detail Information

Item Type
Penulis
Anggelina Ratna - Personal Name
Student ID
1803030044
Dosen Pembimbing
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Ketua Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Penguji 1
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 RAT S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA