Skripsi
PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI NUNUNAMAT KECAMATAN KOLBANO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
XMLPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel berjumlah 80 siswa SD Negeri Nununamat Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan yang dijadikan responden penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi sederhana, dan analisis koefisiensi determinan, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar di gambarkan dengan persamaan y=31,777 + 0,291x. Persamaan xi tersebut terlihat bahwa nilai konstanta adalah 31,777 : artinya jika lingkungan sekolah (x) nilainya adalah 0, maka nilai motivasi belajar sebesar 31,777. Dapat disimpulkan bahwa antara lingkungan sekolah dengan motivasi
belajar mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi murid, guru, dan kepala sekolah. Saran yang diajukan ialah hendaknya lingkungan sekolah diciptakan secara aman dan nyaman agar hasil belajar murid menjadi optimal.
Kata kunci: lingkungan sekolah; motivasi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Angela Emilia Tefbana - Personal Name
|
Student ID |
1901140224
|
Dosen Pembimbing |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tef P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |