Skripsi
Upaya Guru Dalam Mengatasi Bullying Di TK Syalom Airnona Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi bullying di Tk Syalom Airnona Kupang, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif subjek penelitian ini yakni kepala sekolah dan 2 guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan Delapan upaya guru ialah 1). guru berbicara kepada anak secara pribadi dan kelompok ketika melihat anak terlibat dalam perilaku bullying 2). guru menghalangi jika melihat anak yang ingin membuli anak lainya 3). guru mengajarkan nilai-nilai moral yang baik pada anak 4). guru memberikan tugas kelompok kepada anak agar anak dapat bekerja 5). guru mencitakan suasana kelas menjadi nyaman dan angat 6).guru mengajak orang tua untuk berkalaborasi dan berdiskusi untuk mencegah dan menghentikan bullying agar kelas bebas dari perilaku tersebut 7). guru mengajarkan metode, katakan, hindari, dan laporkan kepada anak dengan cara peran di dalam kelas 8). guru memberikan informasi kepada orang tua tentang kekerasan yang terjadi di sekolah. Dari delapan upaya tersebut peneliti menemukan bahwa delapan upaya tersebut sudah di jalankan dengan baik dan membantu guru dalam mengurangi kasus tindakan bullying yang di lakukan oleh anak
Kata kunci Upaya guru mengatasi bullying
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Dewi Nggelan - Personal Name
|
Student ID |
1901180013
|
Dosen Pembimbing |
SARTIKA KALE - 199209132019032012 - Dosen Pembimbing 1
Credo G, Bety, M.Pd - 19901215 201803 2 001 - Dosen Pembimbing 2 Theodorina N. Seran., M.Pd - 19921109 202321 2039 - Dosen Pembimbing 3 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86207 Lan U
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |