Skripsi
Peningkatan Hasil Belaj Ar Sejarah Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take And Give Di Kelas X 1 SMA Negeri Kapan
XML
Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X 1 SMA Negeri Kapan dengan jumlah 32 orang. prosedur penelitian meliputi: 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Pengamatan 4. Refleksi dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil observasi dan analisis siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Take and Give dari 32 orang peserta didik terdapat 13 peserta didik yang tuntas atau mencapai KKTP dengan presentase 40,625% sedangkan 19 peserta didik belum mencapai KKTP dengan presentase 59,375%. Setelah diterapkannya model pembelajaran Take and Give dengan pokok materi Manusia Purba di Indonesia, Hasil tes siklus I menunjukan bahwa terdapat 20 peserta didik yang tuntas atau mencapai KKKTP dengan presentase 62,5%. Pada siklus II mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dari 32 siswa yang mengikuti tes semuanya dinyatakan tuntas dengan presentase 100%. Nilai rata-rata pada siklus I 72,5, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,75. Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I dari presentase 52,5%, meningkat pada siklus II menjadi 91,5625%. Berdasarkan nilai hasil belajar dan hasil observasi pada siklus I dan siklus II di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa lebih aktif serta tidak merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Hasil Belajar; Model Take and Give; Pembelajaran Sejarah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
CHINDI ARYANI MALAFU - Personal Name
|
Student ID |
2101090034
|
Dosen Pembimbing |
Susilo S. Utomo - 19890624201404 - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 1 Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 MAL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |