Peningkatan Hasil Belaj Ar Sejarah Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take And Give Di Kelas X 1 SMA Negeri Kapan

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belaj Ar Sejarah Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take And Give Di Kelas X 1 SMA Negeri Kapan

XML

Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X 1 SMA Negeri Kapan dengan jumlah 32 orang. prosedur penelitian meliputi: 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Pengamatan 4. Refleksi dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil observasi dan analisis siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Take and Give dari 32 orang peserta didik terdapat 13 peserta didik yang tuntas atau mencapai KKTP dengan presentase 40,625% sedangkan 19 peserta didik belum mencapai KKTP dengan presentase 59,375%. Setelah diterapkannya model pembelajaran Take and Give dengan pokok materi Manusia Purba di Indonesia, Hasil tes siklus I menunjukan bahwa terdapat 20 peserta didik yang tuntas atau mencapai KKKTP dengan presentase 62,5%. Pada siklus II mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dari 32 siswa yang mengikuti tes semuanya dinyatakan tuntas dengan presentase 100%. Nilai rata-rata pada siklus I 72,5, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,75. Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I dari presentase 52,5%, meningkat pada siklus II menjadi 91,5625%. Berdasarkan nilai hasil belajar dan hasil observasi pada siklus I dan siklus II di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa lebih aktif serta tidak merasa bosan selama proses pembelajaran berlangsung.

Kata kunci: Hasil Belajar; Model Take and Give; Pembelajaran Sejarah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
CHINDI ARYANI MALAFU - Personal Name
Student ID
2101090034
Dosen Pembimbing
Susilo S. Utomo - 19890624201404 - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 1
Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 MAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA