Kualitas Pelayanan Penanganan Stunting Di Puskesmas Tetaf Kecamatan Kuatnana Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Kualitas Pelayanan Penanganan Stunting Di Puskesmas Tetaf Kecamatan Kuatnana Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan penanganan Stunting di Puskesmas Tetaf Kecamatan Kuatnana Kabupaten Timor Tengah Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada informan yang dianggap dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan hal yang diteliti, juga melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan penanganan Stunting di Puskesmas Tetaf Kecamatan Kuatnana Kabupaten Timor Tengah Selatan dapat dilihat dari beberapa dimensi pengukuran kualitas pelayanan menurut Teori Zeithaml, Parasuraman dan Berry yaitu kehandalan, jaminan, respon/tanggap, dan berwujud yang masih kurang baik. Hal ini dibuktikan berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan, masih ditemui beberapa kendala yaitu masih kurangnya alat – alat kesehatan yang menangani Stunting, kurangnya koordinasi dalam Puskesmas sehingga terkadang tidak ada petugas yang melayani di dalam gedung, infrastruktur jalan yang kurang memadai, masyarakat yangbersikap masa bodoh dan tidak mau tau tentang pentingnya mencegah Stunting sejak dini, kondisi ekonomi masyarakat yang tidak memadai dan masih lemahnya hubungan lintas sektor dalam menangani Stunting. Saran yang diberikan oleh penulis adalah Puskesmas Tetaf Kecamatan Kuatnana Kabupaten TTS harus lebih memperkuat lagi hubungan dengan lintas program dalam Puskesmas Tetaf maupun hubungan dengan lintas sektor karena penanganan Stunting bukan hanya tugas dari Puskesmas, tetapi semua stakeholders yang terkait di dalam pemerintahan, harus lebih memperhatikan dan melengkapi alat – alat kesehatan yang ada di Puskesmas Tetaf khususnya dalam penanganan Stunting sehingga mempermudah petugas memberikan pelayanan di luar gedung, harus mengatur petugas di Puskesmas Tetaf secara baik agar tetap ada petugas yang tinggal di gedung Puskesmas Tetaf saat ada kegiatan di luar gedung agar masyarakat yang sudah datang di Puskesmas Tetaf bisa tetap mendapat pelayanan, dan untuk Pemerintah Kabupaten TTS harus lebih memperhatikan infrastruktur jalan karena masih banyak jalan yang tidak memadai
di wilayah Kecamatan Kuatnana yang akan menjadi penghambat bagi petugas dalam memberikan pelayanan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Penanganan Stunting.


Detail Information

Item Type
Penulis
Oktaviana Taek - Personal Name
Student ID
1703010117
Dosen Pembimbing
CATARYN V ADAM - 196804042000032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
David B W Pandie - 196112121986011002 - Ketua Penguji
Cataryn V Adam - 196804042000032001 - Penguji 1
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Tae K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA