Persepsi dan Sikap IBU terhadap Kekerasan Verbal pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kelurahan Kayu Putih Kota Kupang (Sebuah Kajian Fenomenologi)

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi dan Sikap IBU terhadap Kekerasan Verbal pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kelurahan Kayu Putih Kota Kupang (Sebuah Kajian Fenomenologi)

XML

ABSTRAK

PERSEPSI DAN SIKAP IBU TERHADAP KEKERASAN VERBAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN KAYU PUTIH KOTA KUPANG (Sebuah Kajian Fenomenologi)
Maria Oktafiana Luan, Ribka Limbu, S. KM., M. Kes, Yeni Damayanti, S. Psi., M. Psi, Psikolog, xi + 141 halaman + 8 lampiran

Kekerasan verbal adalah jenis kekerasan yang tidak dilihat secara nyata karena tidak meninggalkan bekas fisik di tubuh korban, namun menyakiti perasaan korban. Tujuan penelitan ini menggambarkan persepsi dan sikap ibu terhadap kekerasan verbal pada anak usia sekolah dasar di Kelurahan Kayu Putih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi, populasinya ibu yang memiliki anak usia Sekolah Dasar di Kelurahan Kayu Putih, informan penelitian 5 orang ibu, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, teknik analisis data menggunakan Interpretative Phenomenology Analysis (IPA). Hasil penelitian ini adalah adanya desensitisasi kekerasan verbal atau hilangnya kepekaan pada kekerasan verbal sehingga ibu menggunakan kekerasan verbal sebagai didikan serta mendukung perilaku kekerasan verbal, budaya melegitimasi kekerasan verbal yakni ibu menggunakan budaya sebagai pembenaran ketika melakukan kekerasan verbal, pengaruh lingkungan berupa didikan sebelumnya dan pengalaman mendapat kekerasan, dampak negatif yang terlihat seperti anak lebih melawan dan mengalami trauma, dan pencegahannya ibu perlu memiliki kontrol diri yang baik sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya ketika anak melakukan kesalahan.

Kata Kunci: Persepsi, Sikap, Ibu, Kekerasan Verbal, Studi Fenomenologi
Daftar Pustaka: 52 (2000-2021)


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Oktafiana Luan - Personal Name
Student ID
1807020043
Dosen Pembimbing
Ribka Limbu, S.KM., M.Kes - 197410022003122001 - Dosen Pembimbing 1
YENI DAMAYANTI - 198206182014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mariana Dinah Ch Lerik - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
73201
Edisi
Published
Departement
Psikologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
085339302926
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA