Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL OLEH GURU PPKN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI SMAN 2 ENDE
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dikelas XI IPS 1 di SMAN 2 Ende, Model pembelajaran PBL diterapkan sebagai metode inovatif untuk memfasilitasi siswa dalam menghadapi masalah-masalah nyata dan kompleks, dengan harapan dapat memperbaiki keterampilan berpikir kritis mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan observasi lansung, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis hasil tugas kelompok diskusi dan tugas individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan analisis, sintesis, dan evalusi informasi, serta dalam penerapan pengetahuan dalam situasi praktis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL merupakan strategi yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, dalam memberikan rekomendasi bagi guru PPKn untuk terus mengintegrasikan metode ini dalam proses pembelajaran mereka.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yosia Uwi - Personal Name
|
Student ID |
2001070138
|
Dosen Pembimbing |
Fredik Lambertus Kollo. M.Pd - 199202208 202203 1 009 - Dosen Pembimbing 1
Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Prof.Dr.Drs.Petrus Ly, M.Si - 195912111986011002 - Ketua Penguji
Fredik L. Kollo,S.Pd. M.Pd - 19920208 202203 1 009 - Penguji 1 Daud Yefkanius Nassa - 9908419488 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Uwi P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |