Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES LABAT
XML
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Probing Prompting yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres labat di Kota Kupang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Inpres Labat tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan keaktifan belajar belajar peserta didik kelas V SD Inpres Labat. Pada siklus I keaktifan belajar peserta didik mendapat kriteria baik dengan persentase 65% sedangkan pada siklus II mendapatakan kriteria sangat baik dengan persentase 88,75%. Maka,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing prompting dapat meningkatkan keaktifan belajar belajar peserta didik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Keaktifan Belajar.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Ester Aprianti Tefa - Personal Name
|
Student ID |
2001140060
|
Dosen Pembimbing |
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tef P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |