Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Benar Dalam Menulis Paragraf Pada Siswa Kelas II Di SD GMIT Bonipoi 3456 Kota Kupang
XML
Kemampuan menulis paragraf dengan menggunakan bahasa indonsia yang benar merupakan suatu tantangan bagi banyak peserta didik sekolah dasar, khususnya pada peserta didik kelas II di SD GMIT Bonipoi 3456 Kota Kupang. Dalam hal ini perlu adanya penerapan model atau strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis paragraf secara benar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang melibatkan 27 peserta didik kelas II, adapun gabungan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara tes, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran tipe jigsaw untuk meningkatkan penggunaan Bahasa Indonesia yang benar dalam menulis paragraf pada siswa kelas II di SD GMIT Bonipoi 3456 Kota Kupang. Presentase ketuntasan belajar meningkat 51, 85% pada siklus I dan meningkat 96, 29% pada siklus II. Rata nilai peserta didik juga meningkat dari 55 menjadi 95 dan juga adanya peningkatan aktivitas guru dan peserta didik selama berlangsungnya proses pembelajaran dalam kelas. Dapat disimpulkan bahwa model tipe jigsaw ini efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf peserta didik.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, menulis paragraf, penelitian tindakan kelas
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RINI MARSELINA ABRAHAM - Personal Name
|
Student ID |
2101140102
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Alex Djawa - 196108051993031001 - Penguji 1 MARKUS SAMPE - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 ABR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |