PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA SMAS KATOLIK SINT CAROLUS KUPANG TA 2022/2023

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA SMAS KATOLIK SINT CAROLUS KUPANG TA 2022/2023

XML

Penelitian telah dilaksanakan pada bulan November Tahun Ajaran 2023/2024. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMAS Katolik Sint Carolus Kupang pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan satu kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas XI IPA dengan jumlah peserta didik 25 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup teknik observasi dan tes yang menggunakan instrumen lembar ceklist observasi guru dan aktivitas peserta didik serta soal tes kemampuan berpikir krtitis peserta didik. Observer yang digunakan ada 6 orang 2 mengamati guru, dan 4 orang mengamati siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I adalah 35,75 (persentase 81,25%) kategori sangat baik, siklus II rata-rata skor aktivitas guru 38,00 (persentase 86%) kategori sangat baik. Sementara rata-rata hasil observasi aktivitas belajar peserta didik pada siklus I adalah 20,77 (persentase 74,18) kategori baik, siklus II rata-rata skor aktivitas belajar peserta didik 25,25 (persentase 90,18%) kategori sangat baik. Sedangkan persentase hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik terlihat siklus I adalah 71,25% kategori kritis dan siklus II 85% kategori sangat kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMAS Katolik Sint Carolus Kupang.
Kata kunci: Model problem based learning, Kemampuan berpikir kritis.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Febronia Faleri Jehanut - Personal Name
Student ID
1901040013
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Angela Gabriela Lika - - Penguji 1
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Jeh P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA