Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baniona Desa Klukengnuking Kecamatan Wotan Ulumado Kabupaten Flores Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baniona Desa Klukengnuking Kecamatan Wotan Ulumado Kabupaten Flores Timur

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Baniona Desa Klukengnuking Kecamatan Wotan Ulumado Kabupaten Flores Timur. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Parasuraman dalam Tjiptono (2011:198) mengenai 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baniona Desa Klukengnuking Kecamatan Wotan Ulumado Kabupaten Flores Timur sudah cukup baik. Tetapi masih ada beberapa yang menjadi penghambat dan kurang memuaskan bagi pasien yaitu dari segi bukti fisik masih ada yang belum sesuai harapan seperti keterbatasan tempat penampung air dan kamar toilet pasien sangat sempit, sebagian tanaman yang layu dan dipenuhi dengan dedaunan kering sehingga penataan tanaman dilihat kurang baik. Dari segi jaminan di Puskesmas Baniona masih banyak menimbulkan situasi kurang nyaman bagi pasien yang butuh istirahat dan juga keterbatasan kursi karena sebagian ada kerusakan kursi diruang loket pendaftaran yang membuat pasien tidak dapat mendapatkan tempat duduk. Dan yang terakhir dari segi empati di Puskesmas Banion terdapat pelayanan administrasi khususnya di loket antrian pendaftaran dimana pasien masih pandang buluh dalam melakukan pelayanan. Maka dari itu untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baniona Desa Klukengnuking Kecamatan Wotan Ulumado Kabupaten Flores Timur yaitu dari kepala puskesmas Baniona harus mempertegas aturan khusus di bagian loket pendaftaran agar melayani pasien dengan sungguh-sungguh tanpa pandang buluh baik itu keluarga ataupun bukan keluarga harus dipandang sama jangan memihak, untuk petugas yang bekerja di Puskesmas Baniona harus luangkan waktu untuk membersihkan lingkungan puskesmas agar terlihat rapih dan bersih, dan perlu adanya evaluasi di internal Puskesmas Baniona untuk mengukur sejauh mana capaian-capaian yang diperoleh, dan melihat hal yang perlu di tingkatkan untuk mencapai pelayanan publik secara maksimal.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, dan Puskesmas Baniona


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1803010121
Dosen Pembimbing
RIKHARDUS SERAN KLAU - 196504261990031001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rikhardus Seran Klau - 196504261990031001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 KAL K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA