Skripsi
Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baniona Desa Klukengnuking Kecamatan Wotan Ulumado Kabupaten Flores Timur
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Baniona Desa Klukengnuking Kecamatan Wotan Ulumado Kabupaten Flores Timur. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Parasuraman dalam Tjiptono (2011:198) mengenai 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data yaitu obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baniona Desa Klukengnuking Kecamatan Wotan Ulumado Kabupaten Flores Timur sudah cukup baik. Tetapi masih ada beberapa yang menjadi penghambat dan kurang memuaskan bagi pasien yaitu dari segi bukti fisik masih ada yang belum sesuai harapan seperti keterbatasan tempat penampung air dan kamar toilet pasien sangat sempit, sebagian tanaman yang layu dan dipenuhi dengan dedaunan kering sehingga penataan tanaman dilihat kurang baik. Dari segi jaminan di Puskesmas Baniona masih banyak menimbulkan situasi kurang nyaman bagi pasien yang butuh istirahat dan juga keterbatasan kursi karena sebagian ada kerusakan kursi diruang loket pendaftaran yang membuat pasien tidak dapat mendapatkan tempat duduk. Dan yang terakhir dari segi empati di Puskesmas Banion terdapat pelayanan administrasi khususnya di loket antrian pendaftaran dimana pasien masih pandang buluh dalam melakukan pelayanan. Maka dari itu untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baniona Desa Klukengnuking Kecamatan Wotan Ulumado Kabupaten Flores Timur yaitu dari kepala puskesmas Baniona harus mempertegas aturan khusus di bagian loket pendaftaran agar melayani pasien dengan sungguh-sungguh tanpa pandang buluh baik itu keluarga ataupun bukan keluarga harus dipandang sama jangan memihak, untuk petugas yang bekerja di Puskesmas Baniona harus luangkan waktu untuk membersihkan lingkungan puskesmas agar terlihat rapih dan bersih, dan perlu adanya evaluasi di internal Puskesmas Baniona untuk mengukur sejauh mana capaian-capaian yang diperoleh, dan melihat hal yang perlu di tingkatkan untuk mencapai pelayanan publik secara maksimal.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, dan Puskesmas Baniona
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
FERGYANSYAH ADHI CHANDRA PUTRA KALAKE - Personal Name
|
Student ID |
1803010121
|
Dosen Pembimbing |
RIKHARDUS SERAN KLAU - 196504261990031001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Rikhardus Seran Klau - 196504261990031001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1 Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 KAL K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |