Skripsi
Kajian Model Pembelajaran Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP
XMLDalam pembelajaran matematika di SMP, model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar kurang inovatif sehingga kurang menggali kreativitas siswa dalam memecahkan masalah dan mereka hanya fokus pada hafalan. Kondisi seperti ini membuat siswa menjadi kurang aktif dan mandiri. Solusi yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan memilih model pembelajaran lain yang mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru adalah model pembelajaran open-ended.
Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran open-ended dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku, dan jurnal atau artikel.
Berdasarkan teori-teori yang dikaji, disimpulkan bahwa model pembelajaran open ended dalam pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang diawali dengan menyajikan permasalahan matematika yang memiliki berbagai cara penyelesaian dan beragam solusi untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa, serta hasil dan kualitas belajar siswa pada pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dengan model open ended diawali dengan pemberian problem open ended. Problem open ended merupakan masalah yang dirumuskan mempunyai banyak solusi atau strategi penyelesaian. Masalah open ended terdiri dari dua jenis, yaitu : masalah dengan satu jawaban tetapi banyak cara penyelesaian dan masalah dengan banyak cara penyelesaian dan juga banyak jawaban. Desain model pembelajaran open ended dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP terdiri atas enam langkah yaitu : orientasi, pemberian masalah terbuka, mengeksplorasi masalah, merekam respon siswa, diskusi kelas, dan penutup. Penerapan model pembelajaran open ended dalam pembelajaran matematika dapat dikembangkan guru sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
Kata kunci : Model pembelajaran, open ended, pembelajaran matematika, dan SMP
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Paulina Seso - Personal Name
|
Student ID |
1601030030
|
Dosen Pembimbing |
KRISNANDARI EKOWATI - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 2
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Ses K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |