Kajian Model Pembelajaran Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Model Pembelajaran Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP

XML

Dalam pembelajaran matematika di SMP, model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar kurang inovatif sehingga kurang menggali kreativitas siswa dalam memecahkan masalah dan mereka hanya fokus pada hafalan. Kondisi seperti ini membuat siswa menjadi kurang aktif dan mandiri. Solusi yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan memilih model pembelajaran lain yang mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru adalah model pembelajaran open-ended.
Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran open-ended dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku, dan jurnal atau artikel.
Berdasarkan teori-teori yang dikaji, disimpulkan bahwa model pembelajaran open ended dalam pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang diawali dengan menyajikan permasalahan matematika yang memiliki berbagai cara penyelesaian dan beragam solusi untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa, serta hasil dan kualitas belajar siswa pada pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dengan model open ended diawali dengan pemberian problem open ended. Problem open ended merupakan masalah yang dirumuskan mempunyai banyak solusi atau strategi penyelesaian. Masalah open ended terdiri dari dua jenis, yaitu : masalah dengan satu jawaban tetapi banyak cara penyelesaian dan masalah dengan banyak cara penyelesaian dan juga banyak jawaban. Desain model pembelajaran open ended dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP terdiri atas enam langkah yaitu : orientasi, pemberian masalah terbuka, mengeksplorasi masalah, merekam respon siswa, diskusi kelas, dan penutup. Penerapan model pembelajaran open ended dalam pembelajaran matematika dapat dikembangkan guru sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
Kata kunci : Model pembelajaran, open ended, pembelajaran matematika, dan SMP


Detail Information

Item Type
Penulis
Paulina Seso - Personal Name
Student ID
1601030030
Dosen Pembimbing
KRISNANDARI EKOWATI - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Ses K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA