Kajian Model Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Pengembangan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di Tingkat SMP

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Model Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Pengembangan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di Tingkat SMP

XML

ABSTRAK
Kajian Model Pembelajaran Matematika yang Berorientasi pada Pengembangan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa
Oleh
Amanda F. Leda Teba (1601030046); Pembimbing I. Dr. Ch. K. Ekowati, M.Si; Pembimbing II. Magdalena Wangge, M.Pd

Kajian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsepsi keterampilan berpikir kreatif, (2) mendeskripsikan konsepsi model pembelajaran matematika, (3) mendeskripsikan dan mengkaji tentang model pembelajaran matematika yang berorientasi pada pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa di tingkat SMP. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku, dan artikel atau jurnal.
Berdasarkan teori-teori yang telah dikaji, disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan kognitif dalam menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa ide atau gagasan maupun karya nyata, dalam menciptakan karya baru maupun kelanjutan dari konteks yang sudah ada sebelumnya. Untuk meningkatkan keterampilan berpikir keratif siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang berfokus kepada siswa dimana siswa yang lebih aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Beberapa hal yang harus dimiliki dalam model pembelajaran adalah (1) sintak (tahap-tahap pada penerapan model tersebut), (2) sistem sosial (peran dan hubungan yang terjadi antara guru dan siswa), (3) prinsip respon (cara guru menuntun dan memperlakukan siswa) dan (4) sistem pendukung (fasilitas dan sarana pendukung untuk menerapkan model tersebut). Beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa diantaranya : Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Problem Based Learning (PBL), Creative Problem Solving (CPS), Treffinger, dan Pembelajaran Matematika Realistik.

Kata Kunci : Model pembelajaran matematika, keterampilan berpikir kreatif






ABSTRACT
A Study of Mathematics Learning Models Oriented to the Development of Students' Creative Thinking Skills
By
Amanda F. Leda Teba (1601030046); 1st Supervisior. Dr. Ch. K. Ekowati, M.Si; 2nd Supervisior. Magdalena Wangge, M.Pd

This study aims to (1) describe the conception of creative thinking skills, (2) describe the conception of the mathematics learning model, (3) describe and examine the mathematics learning model that aims to develop students' creative thinking skills at the junior high school level. The method used in this writing is a literature review, which is done by tracing various references in the form of books, and articles or journals.
Based on the theory that has been studied, the key is that creative skills are cognitive skills in creating something new, either in the form of ideas or ideas or real works, in creating new works or continuation of pre-existing contexts. To improve students' creative thinking skills, it can be done by applying a student-focused learning model where students are more active in the implementation of learning. Some things that must be possessed in the learning model are (1) syntax (the stages in the application of the model), (2) social systems (roles and relationships that occur between teachers and students), (3) the principle of response (the way the teacher guides and treat students) and (4) support systems (facilities and facilities to implement the model). Several learning models that can be used to improve creative thinking skills include: Jigsaw cooperative learning model, Problem Based Learning (PBL), Creative Problem Solving (CPS), Treffinger, and Realistic Mathematics Learning.

Keywords: Mathematics learning model, creative thinking skills


Detail Information

Item Type
Penulis
Amanda F. Leda Teba - Personal Name
Student ID
1601030046
Dosen Pembimbing
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Teb K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA