Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri Oekamusa Kabupaten Timor Tengah Selatan
XMLJenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif deskriptif dengan bentuk desain penelitian Library Research. Adapun subjek penelitian ini sebanyak 20 peserta didik dari kelas IV yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Uji instrument dari penelitian ini dilakukan di kelas IV C dengan menguji validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal. Setelah sudah melewati uji instrument soal maka dilakukan uji analisis data menggunakan uji t dua sampel independen. Hasil pelenitian juga menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol secara berturut-turut adalah 84.60 dan 61.95 degan perolehan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Hasil belajar ini kemudian di uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test dan memperoleh hasil t_hitung sebesar 6.159 dan t_tabel sebesar 2.101 dan nilai sig. (2-tailed) 0.000.Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Oekamusa Kabupaten Timor Tengah Selatan dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Oma Yuniarti Neonufa - Personal Name
|
Student ID |
1801140052
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Neo P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |