Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri Oekamusa Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri Oekamusa Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif deskriptif dengan bentuk desain penelitian Library Research. Adapun subjek penelitian ini sebanyak 20 peserta didik dari kelas IV yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Uji instrument dari penelitian ini dilakukan di kelas IV C dengan menguji validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal. Setelah sudah melewati uji instrument soal maka dilakukan uji analisis data menggunakan uji t dua sampel independen. Hasil pelenitian juga menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol secara berturut-turut adalah 84.60 dan 61.95 degan perolehan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Hasil belajar ini kemudian di uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test dan memperoleh hasil t_hitung sebesar 6.159 dan t_tabel sebesar 2.101 dan nilai sig. (2-tailed) 0.000.Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Oekamusa Kabupaten Timor Tengah Selatan dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.


Detail Information

Item Type
Penulis
Oma Yuniarti Neonufa - Personal Name
Student ID
1801140052
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Neo P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA