PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA TEMA 6, SUBTEMA 3, PEMBELAJARAN 1 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GMIT NETENAEN

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA TEMA 6, SUBTEMA 3, PEMBELAJARAN 1 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GMIT NETENAEN

XML

Skripsi oleh Yosafat Yakobus Ndolu. PGSD.2021 dengan judul “penerapan model Discovery Learning pada tema 6, subtema 3, pembelajaran 1 dalam, meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD GMIT Netenaen”. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 yang signifikan pada tema 6, subtema 3, pembelajaran 1 di SD GMIT Netenaen? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V yang signifikan melalui penerapan model Discovery Learning pada tema 6, subtema 3, pembelajaran 1 di SD GMIT Netenaen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V berjumlah 11 orang dengan rincian 5 laki-laki dan 6 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Netenaen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan langkah-langkah model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 68,64 meningkat menjadi 87,27 pada siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 18,63. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 63,64% meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan peningkatan persentase 36,36%. Aktivitas siswa pada siklus I 65,34 menjadi 80,49 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 15,15.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning pada tema 6, subtema 3, pembelajaran 1 tentang konduktor dan isolator dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD GMIT Netenaen.


Detail Information

Item Type
Penulis
YOSAFAT YAKOBUS NDOLU - Personal Name
Student ID
1601140050
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NDO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA