Implikasi Pemekaran Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Desa Tana Lo’o, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende

Detail Cantuman

Skripsi

Implikasi Pemekaran Desa Terhadap Pembangunan Infrastruktur Desa Tana Lo’o, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende

XML

Permasalahan pada penelitian ini ada dua yaitu: (1) sejauh manakah pemekaran desa terhadap pembangunan infrastruktur di Desa Tana Lo’o Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende? (2) Apa saja faktor-faktor yang menghambat pembangunan infrastruktur di Desa Tana Lo’o Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende?
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis implikasi pemekaran desa terhadap pembangunan infrastruktur di Desa Tana Lo’o Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende, dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menghambat pembangunan infrastruktur di Desa Tana Lo’o Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende.
Penelitian merupakan penelitian hukum empiris. Aspek penelitian di antaranya yaitu implikasi pemekaran desa terhadap pembangunan infrastruktur Desa Tana Lo’o, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende dan faktor-faktor yang diduga menghambat pembangunan infrastruktur di Desa Tana Lo’o, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende. Metode pendekatan menggunakan metode pendekatan sosiolegal dan pendekatan konseptual. Jenis dan sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Tana Lo’o, aparatur desa dan masyarakat Desa Tana Lo’o Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Pengolahan data berupa editing, coding, tabulasi, dan klasifikasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif yurudis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan:(1) bahwa implikasi pemekaran desa terhadap pembangunan infrastruktur Desa Tana Lo’o Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende belum berjalan maksimal hal ini ditandai dengan belum memadainya pembangunan infrastruktur yang dibangun dari awal pemekaran sampai dengan saat ini, masih banyak yang harus dibangun guna memperlancar kebutuhan dan aktivitas masyarakat desa. (2) Terdapat lima faktor yang menghambat: keterbatasan anggaran, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, sumber daya aparatur desa, tingkat partisipasi masyarakat.

Kata Kunci: Desa, Pemekaran, Implikasi


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1802010029
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
RAFAEL R TUPEN - 196404201992031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Ketua Penguji
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Penguji 1
Rafael R Tupen - 196404201992031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 TUP I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA