Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Taruna Mandiri pada Materi Fluida Dinamis
XMLMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas XI IPA SMAS Taruna Mandiri Fatubenao. Instrument penelitian yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menghitung nilai daya serap individu, ketuntasan belajar klasikal, dan persentase daya serap klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Taruna Mandiri. Hal ini dilihat dari hasil aktivitas dan tes siswa pada siklus pertama dengan persentase daya serap 47% dan ketuntasan belajar 15%, dan pada siklus kedua meningkat dengan persentase daya serap 83,25% dan ketuntasan belajar 100%. Beberapa kendala yang ditemukan dalam penerapan model ini di antaranya aktivitas siswa dalam kegiatan kelompok belum menunjukkan kerjasama yang baik, masih ada anggota yang kurang aktif, serta masih ada siswa yang kesulitan mengerjakan soal tetapi masih pasif.
Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Prestasi Belajar, Fluida Dinamis.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Jeni Claudia Ferista Besin - Personal Name
|
Student ID |
1701050013
|
Dosen Pembimbing |
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 1
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 1 Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Sin P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |