Skripsi
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Hukum Newton
XMLJudul penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran fisika pada materi Hukum Newton. Media pembelajaran dapat membantu guru dalam memberikan pengajaran, selain itu juga dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu perlu dikembangkan media yang dapat membuat aktivitas belajar menjadi menyenangkan, interaktif dan menarik yaitu media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan dan efektivitas dari media pembelajaran interaktif pada materi Hukum Newton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari langkah analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kevalidan dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil uji validasi oleh ahli media mendapatkan persentase kelayakan 81,53% dan 100% dan hasil uji validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase kelayakan 70,67% dan 93,33%. Sedangkan untuk hasil uji efektivitas mendapatkan persentase ketuntasan 100%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif pada materi Hukum Newton dikembangkan melalui 5 langkah, yaitu langkah analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Media pembelajaran interaktif ini juga efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
THERESIA WIRAWATI RIMA DONALINA - Personal Name
|
Student ID |
1801050052
|
Dosen Pembimbing |
Yusniati H. Muh. Yusuf, S.Si., M.Pd - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Herry Fridolin Lalus,S.Si.,M.Si - 19881220 201803 1 001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Ina P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |