Penerapan Model Pbl Tentang Dampak Interaksi Manusia Dan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa KELAS V SDN Rium Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pbl Tentang Dampak Interaksi Manusia Dan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa KELAS V SDN Rium Kabupaten Kupang

XML

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Penerapan Model PBL Tentang Dampak Interaksi Manusia dan Lingkungan Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Rium. dengan subjek penelitian 11 orang, laki-laki 7 orang dan perempuan 4 orang. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan kuantitafdalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif.Penelitian ini diadakan di SDN Rium Amarasi Timur dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari 11 subjek peneltian 6 orang siswa sebesar (54,54%) yang tuntas dikarena siswa memperhatikan penjelasan guru, selalu berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok sedangkan 5 orang siswa sebesar (45,46%) yang tidak tuntasdikarena guru belum mampu mengusai kelas dengan baik, guru belum sepenuhnya menguasai langkah-langkah model PBL,siswa belum memahami tentang model PBL dan siswa kurang sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan. selanjutnya siklus II mengalami peningkatan,hal ini dibuktikan dari 11 subjek penelitian 9 orangsiswa sebesar (81,81%) yang tuntas dikarena Siswa sudah terbiasa dengan menggunakan model PBL, siswa mulai bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal dan guru sudah mampu memahami langkah-langkah model PBL dengan baik. Sedangkan 2 orang siswasebesar (18,19%) tidak tuntas karena masih kurang aktif dalam kelompok dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disumpulkan bahwa penerapanmodel PBL tentang dampak interaksi manusia dan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan kriteria kentuntasan yang diharapkan penul
Kata Kunci: Model PBL,Dampak Interaksi,Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Oktaviana Toda - Personal Name
Student ID
1701140065
Dosen Pembimbing
Sarah Nurhabibah, S.Pd .,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tod P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA