Remediasi Miskonsepsi Pada Materi Usaha Dan Energi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E SMA Negeri 1 Adonara Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Remediasi Miskonsepsi Pada Materi Usaha Dan Energi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E SMA Negeri 1 Adonara Barat

XML

Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana model pembelajaran learning cycle 5E meremediasi miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest design yang melibatkan 52 siswa masing-masih dari kelas MIA 1 dan MIA 2 Di SMA Negeri 1 Adonara Barat, namun sampel yang terpilih adalah kelas MIA 2 dengan jumlah 27 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah diagnostic test berupa four tier diagnostic test. Hasil penelitian dapat dilihat dari uji miskonsepsi siswa saat pretest dan posttest selanjutnya digunakan uji-t berpasangan untuk mengetahui perbedaan rerata saat pretest dan rerata saat posttest. Pada uji tingkat miskonsepsi rata-rata persentase penurunan miskonsepsi berdasarkan indikator soal adalah 38,86% dan pada uji-t menunjukan bahwa terdapat rata-rata pada saat sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan dengan nilai thitung>ttabel. Hal ini terjadi karena model pembelajaran learning cycle 5E membantu siswa dalam membentuk konsep-konsep baik mengasimilasi maupun mengakomodasi konsep melalui 5 tahapan pada model pembelajaran learning cycle 5E. Pada rata-rata penurunan persentase miskonsepsi dari semua indikator tidak cukup signifikan hal ini dikarenakan minat belajar siswa yang rendah, lemahnya kemampuan fisika siswa serat alat, bahan dan waktu untuk menunjang remediasi miskonsepsi sehingga ada beberapa tahapan dalam model pembelajaran learning cycle 5E tidak terealisasi dengan baik.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Usaha dan Energi, Remediasi, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E.


Detail Information

Item Type
Penulis
AGUSTINUS ARA WERAN - Personal Name
Student ID
1801050014
Dosen Pembimbing
FAKHRUDDIN - 196812261994031002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Fakhruddin - 196812261994031002 - Ketua Penguji
I Wayan Sukarjita - - Penguji 1
Herry Fridolin Lalus - 198812202018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 RAN R
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA