Kajian Kriminologis Pelanggaran Lalu Lintas Di Wilayah Hukum Kepolisian Resort Alor

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Kriminologis Pelanggaran Lalu Lintas Di Wilayah Hukum Kepolisian Resort Alor

XML

Sistem transportasi adalah suatu hal yang penting bagi suatu kota, terutama di kota besar yang memiliki banyak aktifitas dan banyak penduduk. Selain itu sistem transportasi merupakan hal yang krusial dalam menentukan keefektifan suatu kota. Meningkatnya kepadatan lalu lintas yang disebabkan mudahnya kepemilikan kendaraan bermotor serta perkembangan sarana dan prasarana lalu lintas yang lebih lambat dari pertumbuhan lalu lintas menyebabkan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Penlitian dngan judul “Kajian Kriminologis Pelanggaran Lalu Lintas Di Wilayah Hukum Kepolisian Resort Alor” memiliki rumusan masah: Faktor menyebab timbulnya pelanggaran lalu lintas jalan di Kabupaten Alor dan Bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh Pihak kepolisian untuk menanggulangi terjadinya pelanggaran lalu lintas jalan di Kabupaten Alor. Adapun tujuan dari penelitian ini: Untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang menyebabkan timbulnya pelanggaran lalu lintas jalan di Kabupaten Alor dan Untuk mengetahui dan menganalisis upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian untuk menanggulangi pelanggaran lalu lintas jalan di Kabupaten Alor.
Berdasarkan analisis terhadap data dan fakta yang telah penulis dapatkan, maka penulis berkesimpulan antara lain bahwa factor-faktor yang mnyebapkan pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Kepolisian Resort Alor adalah faktor Indiscipline Factor Faktor Ketidakdisiplinan, Faktor Kealpaan/Lupa, Faktor Ketidaktahuan, Faktor Kelalaian, Faktor Sarana/Prasarana Jalan. Upaya-upaya penanggunalangan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan Satlantas Polres Alor yaitu upaya preventif dan upaya represif. Upaya Preventif Menambah jumlah sarana pos polisi yang agak rawan terhadap pelanggaran marka jalan, sedangkan upaya represifnya adalah Penyitaan Penyitaan dilakukan karena pengendara tidak membawa atau mempunyai surat-surat kelengkapan kendaraan bermotor dan Surat Izin Mengemudi (SIM).
Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan di atas, maka dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut : Melihat pada angka pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh masyarakat dari tahun ke tahun mengalami penurunan, maka dengan ini pihak kepolisian harus, lebih giat lagi dalam menegakkan aturan dalam berlalu lintas agar tahun-tahun berikutnya jumlah pelanggaran semakin berkurang sehingga tercipatnya masyarakat yang patuh dan taat terhadap aturan berlalu lintas.

Kata kunci: Pelanggaran Lalu Lintas Di Wilayah Hukum Kepolisian Resort Alor


Detail Information

Item Type
Penulis
KEREN HAPUK PADALANI - Personal Name
Student ID
1702010592
Dosen Pembimbing
Thelma S.M. Kadja - 19581017 198803 2 001 - Dosen Pembimbing 1
ORPA GANEFO MANUAIN - 196310201989012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nikolas Manu - 195805261987041001 - Ketua Penguji
Thelma S M Kadja - 195810171988032001 - Penguji 1
Orpa Ganefo Manuain - 196310201989012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Pad K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA