Skripsi
Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Tata Surya Kelas VI SD Katolik Hobamatang Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi tata surya menggunakan media audio visual di Kelas VI SDK Hobamatang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDK Hobamatang yang berjumlah 19 orang yakni 5 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Katolik Hobamatang Kecamatan Omesuri Kabupaten Lembata, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari 19 orang yang tuntas 12 orang (63,16%), tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, dapat mengerjakan LKPD, mendengarkan dan melihat materi dalam bentuk video pembelajaran, menanggapi pertanyaan guru dan menyampaikan pertanyaan setelah mendengar, melihat video pembelajaran dengan baik dan media membantu memudahkan pemahaman siswa tentang materi. Yang tidak tuntas 7 orang (36,84%), tidak tuntas karena siswa kurang memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, belum mengerjakan LKPD dengan benar, kurang mendengarkan dan melihat materi dalam bentuk video pembelajaran, belum menanggapi pertanyaan guru dan belum menyampaikan pertanyaan setelah mendengar dan melihat video pembelajaran dengan baik serta media yang digunakan tidak berpengaruh terhadap siswa. Siklus II yang tuntas 17 orang (89,47%), tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, dapat mengerjakan LKPD, mendengarkan dan melihat materi dalam bentuk video pembelajaran, menanggapi pertanyaan guru, menyampaikan pertanyaan setelah mendengar dan melihat video pembelajaran dengan baik dan media membantu memudahkan pemahaman siswa tentang materi. Yang tidak tuntas 2 orang (10.53%), tidak tuntas karena kurang memperhatikan penjelasan materi pembelajaran, belum mengerjakan LKPD dengan benar, kurang mendengarkan dan melihat materi dalam bentuk video pembelajaran, belum menanggapi pertanyaan guru dan belum menyampaikan pertanyaan setelah mendengar dan melihat video pembelajaran dengan baik serta media yang digunakan tidak berpengaruh terhadap siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa media audio visual dalam pembelajaran IPA materi tata surya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDK Hobamatang. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes siklus I 12 orang(63,16%) yang tuntas dan siklus II 17 orang(89,47%) yang tuntas.
Kata kunci : Media Audio Visual, Tata Surya, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Maria Marselina Mone - Personal Name
|
Student ID |
1801140063
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Taty R. Koroh, - - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Mon P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |