Skripsi
Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kinemaster Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA/MA Kelas X Mia pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
XMLPENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KINEMASTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA KELAS X MIA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
Aldes R Dr. Jasman, S.Pd., Sudirman, S.Pd.,
ABSTRAK
Penelitian ini dengan judul pengembangan media video pembelajaran berbasis kinemaster sebagai sumber belajar siswa SMA kelas X mia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, bertujuan untuk mengetahui wujud hasil pengembangan video pembelajaran berbasis kinemaster agar mampu menjadi media yang efektif dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui kelayakan kelayakan pengembangan media video pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA. Pengembangan video pembelajaran berbasis kinemaster yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini dilakukan mengikuti alur atau langkah-langkah model rancangan dari Hanafin dan Peck. Prosedur yang ditempuh yaitu analisis kebutuhan, tahap desain, serta tahap pengembangan dan implementasi. Uji lapangan terhadap produk video pembelajaran berbasis kinemaster terdiri dari uji perorangan yang terdiri dari 3 orang siswa dan juga uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Tetapi sebelum dilakukan uji coba, terlebih dahulu melakukan uji ahli yang dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli instrumen, ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli instrumen terhadap angket butir-butir indikator pada angket tersebut termasuk kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan 90% dan sudah sesuai pada ahli masing-masing, sedangkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video pembelajaran ini memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan masing-masing 88,33% untuk ahli materi dan 90% untuk ahli media. Hasil penilaian uji perorangan dan uji kelompok kecil terhadap video pembelajaran berbasis kinemaster ini sangat baik dengan presentase keidealan 89,47% untuk uji perorangan dan 94,73% untuk uji coba kelompok kecil, sedangkan uji coba kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis kinemaster ini sangat baik dengan presentase keidealan 96,31%. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji lapangan yang terdiri atas uji perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar terhadap video pembelajaran berbasis kinemaster pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA ini layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran berbasis Kinemaster, Larutan elektrolit dan non elektrolit
1) Peneliti
2) Pembimbing I
3) Pembimbing II
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ALDES REBEKA BESSI - Personal Name
|
Student ID |
1601060070
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Jasman - 196906111994031001 - Ketua Penguji
Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 1 Johnson N Naat - 198511202008121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 Bes P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |