Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN ELEKTRONIKA DI KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 KUPANG
XMLABSTRAK
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN ELEKTRONIKA DI KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 KUPANG
Julian Octavianus* Yetursance Y. Manafe** Frans F. G. Ray***
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Pelajaran Penerapan Elektronika dengan materi pokok Menerapkan Macam- macam Rangkaian Shift Register di Kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Kupang.
2) Bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Pelajaran Penerapan Elektronika dengan materi pokok Menerapkan Macam-macam Rangkaian Shift Register di Kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Kupang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Audio Video 1 yang berjumlah sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa:Penerapan model pembelajaran Group Investigation terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Kupang pada mata pelajaran penerapan elektronika. Hal tersebut dapat dilihat pada pre test terdapat 4 orang siswa (14,28%) yang memperoleh skor 75 keatas dengan nilai rata-rata 53%, tes siklus I terdapat 13 orang siswa (46,43%) yang memperoleh skor 75 keatas dengan nilai rata-rata 70,35% dan tes siklus II terdapat 26 orang siswa (92,86%) yang memperoleh skor 75 keatas dengan nilai rata-rata 90,35%.
Kata Kunci:Group Investigation, hasil belajar, penerapan elektronika
* Penulis
** Pembimbing Utama
*** Pembimbing Pendamping
ABSTRAK
APPLICATION OF THE GROUP INVESTIGATION TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN ELECTRONIC APPLICATION LESSON IN CLASS XI AUDIO VIDEO ENGINEERING SMK NEGERI 2 KUPANG
Julian Octavianus* Yetursance Y. Manafe** Frans F. G. Ray***
This study aims to determine 1) Is there an increase in student learning outcomes in learning using the Group Investigation Learning Model in the subject of Electronics Application Subjects with the subject matter of Applying Various Series of Shift Registers in Class XI Audio Video Engineering SMK Negeri 2 Kupang. 2) How to improve student learning outcomes by using the Group Investigation Learning Model in the subject of Electronics Application Subjects with the subject matter of Applying Various Series of Shift Registers in Class XI Audio Video Engineering SMK Negeri 2 Kupang.
This research is a type of classroom action research, with the learning model applied is the cooperative learning model type Group Investigation. The subjects of the study were 28 students of class XI Audio Video 1 Engineering. Data collection techniques in this study used observation sheets, tests and documentation. Data analysis was performed by qualitative descriptive analysis.
Based on the research results show that: The application of the Group Investigation learning model is proven to improve the learning outcomes of class XI students of Audio Video Engineering SMK Negeri 2 Kupang in the subject of applying electronics This can be seen in the pre test there were 4 students (14.28%) who obtained a score of 75 and above with an average value of 53%, in the first cycle test there were 13 students (46.43%) who obtained a score of 75 and above. with an average value of 70.35% and the second cycle test there were 26 students (92.86%) who obtained a score of 75 and above with an average value of 90.35%.
Keywords: Group Investigation, learning outcomes, application of electronics
* Autor
** Prime advisors
*** Supervising companion
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
JULIAN OCTAVIANUS - Personal Name
|
Student ID |
1601130019
|
Dosen Pembimbing |
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
FRANSISKUS F GOE RAY - 197406052006041001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Zet Yulius Baitanu - 197703232005011001 - Ketua Penguji
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Penguji 1 Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
83201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Teknik Elektro
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
832.01 octavianus
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |