Dampak Perantauan Suami Terhadap Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus Pada Istri Yang Suaminya Merantau Ke Kalimantan Di Desa Golo Langkok, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Perantauan Suami Terhadap Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus Pada Istri Yang Suaminya Merantau Ke Kalimantan Di Desa Golo Langkok, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai)

XML

Merantau merupakan perginya seseorang itu meninggalkan tempat dimana ia berasal dan ia tumbuh besar menuju suatu wilayah lain guna menjalani kehidupan baru maupun untuk sekedar mencari pengalaman. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah dampak perantauan suami terhadap keharmonisan keluarga di desa Golo Langkok Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai. Untuk menganalisis masalah ini teori yang digunakan adalah teori dampak dari Waralah Rd Cristo(2008:12). Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deengan metode studi lapangan. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Penentuan informan dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga yang menjadi informan adalah istri dan keluarga dari suami yang merantau ke kalimantan sebanyak 14 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak merantau suami ke Kalimantan terhadap keharmonisan keluarga adalah ekonomi keluarga mereka semakin mapan, semua kebutuhan keluarga dalam rumah tangga mereka terpenuhi dan mereka juga bisa membuka usaha dari uang yang di kirim dari suaminya tersebut, sedangkan dampak kurang harmonisnya ialah istrinya merasa ditelantarkan karena suami terlalu lama merantau,adanya juga kasus perselingkuhan di rumah tangga mereka dan kewajiban dari suami sebagai kepala keluarga terabaikan., dan untuk meminimalisirkan kemungkinan- kemungkinan buruk yang dapat merusak hubungan mereka harus saling komunikasi dan harus saling menjaga kepercayaan. Saran:dalam penelitian ini diharapkan kepada suami yang merantau ke kalimantan agar suaminya menjaga komunikasinya dengan baik kepada istrinya dengan meggunakan media sosial agar hubungan rumah tangganya dapat berjalan dengan baik, supaya terhindar dari segala kemungkinan yang buruk yang dapat merusak hubungan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1703030070
Dosen Pembimbing
Penguji
Drs.Aris Lambe,M.Si - 196205021990031001 - Ketua Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Penguji 1
Susana C. L Pellu, S.Sos, M.Si-Nip. 197110222005012001 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Adi D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA