Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Smak Sint Carolus Kupang
XMLTujuan Penenitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar Geografi peserta didik SMAK Sint Carolus Kupang. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS. Yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 36 peserta didik. Peserta didik kelas XI IPS 1 dengan jumlah 18 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPS 2 dengan jumlah 18 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data diambil dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Data di Analisis dengan menggunakan regresi linear sederhana. Sebelumnya data dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil analisis Regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikan pada item model sebesar 0,000 < 0,05. (2) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran project based learning. (3) Hal ini dibuktikan dengan perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan project based learning 94,4% lebih tinggi dari pada persentasi nilai peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model konvensional yang hanya mencapai 66,6%.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA MONIKA SELI SOBA - Personal Name
|
Student ID |
1601100102
|
Dosen Pembimbing |
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Geografi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.02 SOB P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |