Skripsi
Pengaruh Sudut Pengapian Terhadap Kinerja Mesin Bensin Empat Langkah Satu Silinder 163 Cc Menggunakan Lotus Engine Simulation
XMLMotor bensin (spark ignition engine) telah memainkan peran penting dalam kehidupan manusia sehingga banyak digunakan di bidang kendaraan bermotor, generator, dan mesin-mesin pertanian. Motor ini merupakan salah satu penggerak mula (prime mower) yang di dalamnya terdapat torak yang bergerak translasi (bolak balik) dalam silinder. Di dalam silinder itulah terjadi pembakaran antara campuran bahan bakar dengan oksigen dari udara sehingga menghasilkan daya mekanis dalam bentuk putaran poros engkol. Banyak literatur berupa jurnal atau buku yang membahas tentang sudut pengapian (berdasarkan spesifikasi tertentu) yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menganalisis kinerja motor bensin tetapi eksperimen dengan proses perhitungan secara manual terasa sangat membutuhkan banyak biaya. Oleh karena itu, dibutuhkan perangkat lunak (software) yang dapat membantu untuk menentukan sudut pengapian, dan menghitung kinerja motor bensin berdasarkan spesifikasi motor bensin yang dianalisis. Hal inilah yang mendorong dilakukan penelitian ini guna menambah pengetahuan penulis dalam melakukan analisis pengaruh sudut pengapian terhadap kinerja mesin bensin empat langkah satu silinder 163 cc berbasis perangkat lunak Lotus Engine Simulation versi 5.05.
Kata kunci: Sudut Pengapian, Kinerja, Mesin Bensin, Satu Silinder, Lotus Engine Simulation
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
EWIL ODIAR HALLA - Personal Name
|
Student ID |
1706020079
|
Dosen Pembimbing |
MATHEUS M DWINANTO - 197304181999031001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Matheus M Dwinanto - 197304181999031001 - Ketua Penguji
Dominggus G H Adoe - 197805212005011001 - Penguji 1 Jefri Semuel Bale - 197904212005011002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
21201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Mesin
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
212.01 HAL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |