Interaksi Sosial Mahasiswa Migran Dan Masyarakat(Studi Kasus Di Rt09/Rw03, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Interaksi Sosial Mahasiswa Migran Dan Masyarakat(Studi Kasus Di Rt09/Rw03, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses interaksi sosial mahasiswa migran dan masyarakat di RT09/RW03, Desa Penfui Timur dan untuk mengetahui apa faktor pendorong dan penghambat mahasiswa migran dalam berinteraksi dengan masyarakat di RT09/RW03, Desa Penfui Timur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori proses sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling, sehingga yang menjadi informan adalah Ketua RT09/RW03 berjumlah 1 orang, masyarakat berjumlah 3 orang, dan mahasiswa migran berjumlah 4 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses interaksi sosial mahasiswa migran dalam berinteraksi dengan lingkungannya bersikap baik dimana adanya rasa saling menghargai dan menghormati sebagai makhluk sosial. Masyarakat dan mahasiswa juga kerap terlibat pertentangan dan persaingan. Selain itu, ada juga faktor pendorong dan penghambat mahasiswa migran dalam berinteraksi dengan masyarakat. Saran Mahasiswa seharusnya menanamkan rasa toleransi dan sikap saling menghargai setiap masyarakat. Mahasiswa tidak boleh individualis harus belajar hidup berkelompok dengan masyarakat dan mahasiswa lain supaya bisa saling membantu dan saling menerima. Sebagai masyarakat desa yeng lebih tua atau tokoh masyarakat (Kepala Desa, RT/RW) hendaklah mampu merangkul mahasiswa yang kurang paham aturan dan selanjutnya memberi arahan kepada mahasiswa agar mereka juga bisa terlibat dalam kegiatan yang di adakan agar lebih mudah untuk berinteraksi dengan masyarakat.


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Yasinta Wona - Personal Name
Student ID
1803030138
Dosen Pembimbing
HOTLIF ARKILAUS NOPE - 197711242005011002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Won I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA