Pengelolaan Taman Wisata Alam Oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Timur (Studi Kasus Taman Wisata Alam Pulau Menipo Desa Enoraen Kecamatan Amarasi Timur Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengelolaan Taman Wisata Alam Oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Timur (Studi Kasus Taman Wisata Alam Pulau Menipo Desa Enoraen Kecamatan Amarasi Timur Kabupaten Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Taman Wisata Alam Oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya alam Nusa Tenggara Timur Pulau Menipo Desa Enoraen Kecamatan Amarasi Timur Kabupaten Kupang Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penulis menggambarkan data yang terkumpul kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulannya. Informan yang bertindak sebagai informan kunci dalam penelitian ini adalah pengelola taman wisata alam pulau menipo Desa Enoraen Kecamatan Amarasi Timur Kabupaten Kupang oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ada empat aspek manajemen yang diterapkan dalam pengelolaan Taman Wisata Alam Pulau Menipo, yakni; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan/penggerakan, dan pengawasan. Pada aspek perencanaan, pihak pengelola dan masyarakat membahas tentang upaya-upaya dalam meminimalisir keterbatasan penyediaan sarana dan prasarana serta dana. Pada aspek pengorganisasian, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam NTT telah menjalankan fungsi manajemen pengorganisasisan dengan menyusun dan membagi tugas-tugas pengurus wisata sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pada aspek pelaksanaan/penggerakan, diketahui bahwa usaha awal dari Pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam NTT untuk kemajuan pengelolaan Taman Wisata Pulau Menipo adalah melakukan sosialisasi dan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan serta mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi di dalamnya. Pengawasan dilakukan secara langsung melalui monitoring dan secara tidak langsung melalui laporan pada setiap bulannya berjalan dengan baik. Namun keempat aspek manajemen pengelolaan Taman Wisata Pulau Menipo belum terlaksana dengan efektif.
Kata Kunci: Pengelolaan, Taman Wisata Alam Pulau Menipo


Detail Information

Item Type
Penulis
CLARENSIA ASSISI NAMAH - Personal Name
Student ID
1803010263
Dosen Pembimbing
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 1
UMBU TAY W PARIANGU - 197812202006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Ketua Penguji
Umbu Tay W Pariangu - 197812202006041002 - Penguji 1
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 NAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA