Konvergensi Media Surat Kabar Harian Pos Kupang Di Era Digital

Detail Cantuman

Skripsi

Konvergensi Media Surat Kabar Harian Pos Kupang Di Era Digital

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kontinum konvergensi media di Pos Kupang dan untuk mengetahui pertimbanganpertimbangan Pos Kupang dalam melakukan konvergensi media. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori dari Dailey, Demo, dan Spillman yaitu teori tahapan konvergensi media model kontinum. Pada teori ini tahapan konvergensi mempunyai lima tahapan yaitu cross promotion, cloning, coopetition, content sharing, dan full convergence. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pos Kupang menerapkan kelima tahapan kontinum konvergensi, yaitu cross promotion, cloning, coopetition, content sharing, dan full convergence. Pada tahap cross promotion, baik Pos Kupang digital dan cetak saling mempromosikan media satu sama lain. Pada tahap cloning, Pos Kupang memperluas konten dari platform online ke cetak atau pun cetak ke online. Pada tahap coopetition, Pos Kupang lebih menerapkan kerja sama daripada saling berkompetisi mengingat masih berada dalam satu kepemilikan dan satu newsroom. Pada tahap content sharing, terjadi dalam hal pengumpulan informasi serta pemberitaan. Pada tahap full convergence, dapat dikatakan bahwa Pos Kupang sudah menerapkan full convergence antar platform yang ada sebab semua platform melakukan kolaborasi dan kerja sama dalam hal pengumpulan, produksi, dan distribusi konten. Hal ini dilakukan agar semua platform baik cetak maupun digital dapat saling bersinergi melalui kolaborasi dan kerja sama untuk eksistensi Pos Kupang. Sedangkan pertimbangan-pertimbangan yang melatarbelakangi dilakukannya konvergensi media adalah (1) adaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. (2) pertimbangan kepraktisan dan efisiensi. (3) sebagai bentuk adaptasi di era digital. Konvergensi media menjadi strategi bisnis yang dilakukan dalam menghadapi persaingan media massa yang berkembang di era digital. Maka dengan dilakukannya konvergensi ini, diharapkan dapat menguatkan Pos Kupang dalam menghadapi persaingan di era digital.
Kata Kunci: Konvergensi Media, Kontinum Konvergensi, Pos Kupang, Era Digital


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1803050002
Dosen Pembimbing
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
Juan Ardiles Nafie - 19001182019031015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
Juan Ardiles Nafie - 19901182019031015 - Penguji 1
Mas'amah - 197906172008012020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Ber K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA