Faktor-Faktor Penyebab Masyarakat Membuang Sampah Tidak Pada Tempatnya (Studi Kasus Pada Pedagang Di Pasar Oesapa, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor-Faktor Penyebab Masyarakat Membuang Sampah Tidak Pada Tempatnya (Studi Kasus Pada Pedagang Di Pasar Oesapa, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang)

XML

Penelitian ini berjudul “Faktor-faktor penyebab pedagang tidak patuh terhadap protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Pasar Oesapa, Kelurahan Oesapa, kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor apa saja yang mempengaruhi ketidakpatuhan pedagang terhadap penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19 di Pasar Oesapa, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab ketidakpatuhan pedagang terhadap penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19 di Pasar Oesapa, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Dalam penulisan penelitian ini menggunakan teori yaitu teori perilaku sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 8 orang pedagang dan 2 orang petugas keamanan. Dan teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek mengenai faktor- faktor penyebab pedagang tidak patuh terhadap protokol kesehatan pada masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Oesapa,Kelurahan Oesapa dengan faktor: (1) pengetahuan, mengenai faktor pengetahuan tenyata pedagang yang beraktivitas di Pasar Oesapa kurang taat dalam protokol kesehatan demi menjaga keselamatan dirinya dikarenakan pedagang mempunyai pengetahuan yang keliru terhadap pelaksanaan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah yang berfungsi meminimalisir penyebaran Covid-19.(2) mengenai faktor kesadaran diri ternyata ada masyarakat (pedagang) yang belum sadar akan pentingnya melaksanakn protokol kesehatan pada masapandemi covid-19. (3) faktor lingkungan masyarakat menunjukan bahwa kepatuhan seseorang terkait dengan protokol kesehatan itu tergantung dari diri sendiri dan lingkungan sekitar saja Lingkungan masyarakat yang baik akan membentuk pribadi yang baik, karena perilaku dan kepribadian seseorang cerminan dari lingkungan sosial yang ia tempati. Saran dalam penelitian ini Bagi Pedagang di Pasar Oesapa, Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang harus memulai hidup baru, harus lebih serius menangani dan menanggapi hal-hal kecil, tidak meremehkan informasi dan berita yang beredar, tetap waspada dan bersikap selektif dalam menanggapi berita yang beredar tentang virus Covid-19. Bagi Petugas Keamanan, hendaknya pada saat pandemi Covid-19 sanksi yang diberikan bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan lebih diperketat lagi agar virus ini cepat berakhir dan tidak berkepanjangan hingga 2 tahun. Lamanya virus pandemi ini dikarenakan lemahnya sanksi yang diberikan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Febrianti Bano - Personal Name
Student ID
1803030119
Dosen Pembimbing
Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 1
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ban F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA