Skripsi
Persepsi Dan Sikap Mahasiswa Sosiologi Tentang Proses Pembelajaran Online (Studi Kasus, Pada Mahasiswa Semester II Dan IV Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang)
XML![](https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/81/Mendeley_Logo_Vertical.png/600px-Mendeley_Logo_Vertical.png)
Penelitian ini berjudul persepsi dan sikap Mahasiswa Sosiologi tentang proses Pembelajaran Online di Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang, hal yang menjadi permasalahan selama pelaksanaan pembelajaran online yaitu implementasi yang jauh dari katab ideal.sering kali tedapat kasus dalam pembelajaran online, khususnya kuliah yang jauh dari tujuannya menuntut ilmu. permasalahan yaitu bagaimana persepsi dan sikap Mahasiswa Sosiologi tentang proses pembelajaran Online di Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang dengan tujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan persepsi dan Sikap Mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang terhadap sistem pembelajaran online. Penelitian ini ditinjau dari teori persepsi bimo walgito. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik pengambilan informan yaitu dengan purposive sampling. Teknik pengambilan informan dalam penelitian ini adalah 10 (sepuluh) informan terpilih yang berada di mahasiswa program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang yang dikelompokan dibeberapa karateristik informan yaitu : Nama informan, jenis kelamin, umur, dan semester. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data dari informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi dan sikap mahasiswa sosiologi tentang proses pembelajaran online yaitu : pembelajaran online yang diterapkan di program studi sosiologi mempunyai pandangan yang berbeda-beda dari mahasiswa lebih khususnya pada mahasiswa semester II dan IV. Ketika perkuliahan sedang berlangsung secara online tiba-tiba saja jaringan terganggu sehingga akan berpengaruh terhadap proses berjalannya kuliah online, hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman mahasiswa terhadapa materi yang diberikan oleh dosen. Selain itu tantangan yang harus dihadapi oleh mahasiswa selama perkuliahan online yaitu kurangnya interaksi antara dosen dan mahasiswa ataupun mahasiswa dengan mahasiswa. Masalah yang paling nyata yang dihadapi oleh mahasiswa saat pembelajaran online yaitu berasal dari diri sendiri dimana banyak mahasiswa ketika mengikuti perkuliahan online hanya sebagai formalitas saja, dimana kenyataannya saat kuliah berlangsung ada mahasiwa yang mengikuti kuliah sambil tidur, menonton TV, masak, makan atau bahkan berbincang-bincang dengan orang sekitar tanpa mempedulikan perkuliahan yang sedang berlangsung. Adapun manfaat yang sangat berperan penting dalam proses pembelajaran online salah staunya dapat lebih menghemat waktu dan tenaga, sehingga waktu dan tenaga yang tersisa dapat digunakan untuk hal-hal lainnya diluar jam perkuliahan. Dari hasil penelitian tersebut disarankan tetaplah aktif dan mengikuti jalannya pembelajaran online dengan bersandar pada niat untuk mendapat ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Yosefa Hinang - Personal Name
|
Student ID |
1803030093
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Hotlif A. Nope-19771124 200501 1 002 - - Ketua Penguji
Hildigardis M.I.Nahak S.Sos. M.Si - 19790501200642001 - Penguji 1 Syamsuryadi - 195712111989011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
69201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Sosiologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
692.01 Hin P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |