Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dalam Pembelajaran Tentang Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD GMIT Kairane Kabupaten Kupang.

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dalam Pembelajaran Tentang Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD GMIT Kairane Kabupaten Kupang.

XML

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Gmit Kairane. Hal ini disebabkan karena peserta didik tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, kurang adanya antusias peserta didik untuk bertanya, maupun menjawab pertanyaan yang diberikan pendidik dan kurang adanya interksi antara peserta didik dengan pendidik. Model pembelajaran Numbered Heads Together Memiliki kelebian untuk meningkatkan potensi akademis, kepercayaan diri, menimbulkan rasa empati dalam diri peserta didik, dan meningkatkan keterampilan kepempinan, bekerja sama dalam kelompok serta mempererat hubungan sosial. Tujuan penelitian ini, adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pembelajaran PPKn kelas V SD Gmit Kairane.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari aspek perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan test ( pretest dan postest), lembar observasi da dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi, aktivitas pendidik dan peserta didik, dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 70,9 dengan presentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 70%, sedangkan nilai rata-rata peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 77,4 dengan presentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 74%. Berdasarkan peningkatan hasil belajar tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Gmit Kairane Kecamatan Amabi Oefeto Kabupaten Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Carmelia G. Nota - Personal Name
Student ID
1701140118
Dosen Pembimbing
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Not P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA