Peran Guru Kelas Dalam Pembelajaran PKn Untuk Membentuk Perilaku Filantropi Siswa Kelas IV SD Negeri Oebali

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Guru Kelas Dalam Pembelajaran PKn Untuk Membentuk Perilaku Filantropi Siswa Kelas IV SD Negeri Oebali

XML

Skripsi ini di buat oleh Martha Molana, Nim 1701140183 PGSD 2022 dengan judul skripsi “Peran Guru Kelas Dalam Pembelajaran PKn Untuk Membentuk Perilaku Filantropi Siswa Kelas IV SD Negeri Oebali Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur” dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya Peran Guru Kelas Dalam Pemelajaran PKn Untuk Membentuk Perilaku Filantropi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oebali? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya peran guru kelas dalam pembelajaran PKn untuk membentuk perilaku filantropi siawa kelas IV SD Negeri Oebali. Pendidikan didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Sedangkan pembelajaran PKn yang mencakup pengetahuan, keterampilan serta karakter kewarganegaraan siswa, maka jelaslah bahwa pembelajaran PKn ini tidak terlepas pada nilai-nilai perilaku filantropi.Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif yaitu mendeskripsikan secara jelas mengenai hasil temuan dilapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Oebali.Teknik yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu Upaya yang dilakukan guru dalam membentuk perilaku filantropi siswa kelas IV SD Negeri Oebali melalui pembelajaran PKn diantaranya adalah: (1) wali kelas melakukan koordinasi dan konsultasi dengan waka kurikulum, dan kepala sekolah untuk melakukan pengembangan Silabus yang ditujukan untuk meningkatkan perilaku kepedulian sosial pada siswa, (2) Merumuskan tujuan pembelajaran yaitu menanamkan nilai filantropi (kepedulian sosial) yang dikaitkan dengan RPP dan Silabus, (3) Menggunakan metode ceramah dan pemberian contoh, (4) Memanfaat media pembelajaran yang ada diruang kelas yautu spidol dan paapn tulis, (5) melakukan penilaian terhadap sikap filantropi (kepedulian sosial) siswa dengan melakukan penilaian bersifat bulanan yang dilakukan dengan ulangan di setiap akhir bulan, kemudian tiga bulan dilakukan dengan ulangan tengah semester, serta enam bulan yang dilakukan melalui ulangan akhir semester, serta (6) tindak lanjut berupa analisis kendala dan kegagalan yang dihadapi, kemudian mencari cari jalan keluar untuk mengatasinya..

Kata Kunci: Pembelajaran PKn, Filantropi


Detail Information

Item Type
Penulis
Martha Molana - Personal Name
Student ID
1701140183
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA