Tradisi Teing Hang Empo Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Pada Pemilihan Kepala Desa Bangka Jong, Kecamatan Wae Ri’I, Kabupaten Manggarai Tahun 2021)

Detail Cantuman

Skripsi

Tradisi Teing Hang Empo Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Pada Pemilihan Kepala Desa Bangka Jong, Kecamatan Wae Ri’I, Kabupaten Manggarai Tahun 2021)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan tentang proses dan makna budaya teing hang empo dan untuk menganalisis bagaimana adat teing hang empomenjadi salah satu media kampanye bagi calon kepala desa Bangka Jong tahun 2021. Penelitian ini menggunakan beberapa teori dan konsep yaitu: teori strategi politikuntuk menganalisis strategi calon kepala desa yang dibangun dalam pelaksanaan kampanye politik melalui adat teing hang empo, kemudian teori kampanye menjadi teori untuk menganalisi bagaimana teing hang empo menjadi salah satu media kampanye bagi calon kepala desa. Dari hasil penelitian, menujukan bahwaKampanye politik melalui adat teing hang empo menjadi salah satu media untuk memobilisasi masa dengan penerapan strategi defensive lebih dominan dalam Pilkades Bangka Jong 2021. Penelitian ini juga menggunakan konsep pencitraan yang kemudian menjai efek dari pelaksanaan kampanye calon kepala desa Bangka Jong 2021.. Konsepe ini diperlukan agar dapat menemukan hubungan peroses politik pemilihan kepala desa dengan budaya teing hang empo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tradisi teing hang empo dari calon kepala desa menjadi media untuk kepentingan politik yaitu; sebagai media untuk membantu penyampaian pesan politik dari calon kepala desa, media untuk evaluasi electoral calon kepala desa, dan media untuk mempertahankan basis dukungan. Selain itu tradisi teing hang empodalam pemilihan kepala desa merupakan wujud politik kekerabatan masyarakat adat desa Bangka Jong.Peneliti menggunakan pendekatan interpretatif yang berangkat dari upaya penjelasan peristiwa-peristiwa sosial atau budaya yang didasarkan pada perspektif dan pengalaman orang yang diteliti. Pradigma ini menekankan pada ilmu bukanlah didasarkan pada hukum dan prosedur yang baku, setiap gejala atau peristiwa bisa jadi memiliki makna yang berbeda. Dari pendekatan ini peneliti akhirnya lebih mengedepankan fokus penelitian yaitu makna dan proses adat teing hang empo dalam Pilkades Bangka Jong tahun 2021. Kajian tradisi teing hang empo sebagai media kampanye bisa jadi memiliki perbedaan dalam proses politik lokal lainnya di kabupaten Manggarai.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1803040086
Dosen Pembimbing
ESRAH DISYON NINO AM BENU - 197912042009121003 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Esrah Disyon Nino Am Benu - 197912042009121003 - Ketua Penguji
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Jel F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA