Skripsi
Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (Ppl) Di Uptd Smp Negeri 1 Kota Kupang
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL pada kegiatan pra pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran.
Jenis Penelitian kualitatif yang menggunakan teknik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru pamong sebanyak 23 responden. Untuk pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan dua instrument pengumpulan data yaitu angket terbuka dan wawancara. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif yang menggunakan logika berpikir ilmiah metode miles and huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi responden terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL di SMP Negeri 1 Kota Kupang rata-rata sebesar 100% mengatakan sangat baik untuk kegiatan pra pembelajaran, untuk kegiatan inti sebesar 88,40% yang mengatakan sangat baik dan untuk kegiatan penutup rata-rata 89,85% responden yang mengatakan sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa PPL setelah mengikuti PPL dari awal memang masih belum bisa menguasai keterampilan mengajar dengan baik akan tetapi ketika terus berproses dan selalu dibimbing oleh guru pamong sehingga pada akhirnya mahasiswa sudah menguasai keterampilan mengajar dan mendapat kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Persepsi, Keterampilan Mengajar, dan Praktek Pengalaman Lapangan.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA NOFREIN MEJE - Personal Name
|
Student ID |
1801080006
|
Dosen Pembimbing |
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Yeheskial Nggandung - 196301271990031002 - - Ketua Penguji
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Penguji 1 Ari Data - 197209022003121003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 MEJ P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |