Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi DI SMA NEGERI 1 LARANTUKA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi DI SMA NEGERI 1 LARANTUKA

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh masing masing dan bersamaan varibel problem solving dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian analisis data secara kuantitatif kuasi ekperimen dan eksplanasi. Populasi seluruh peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Larantuka yang berjumlah 180 siswa dan sampel kelas XI IPS-2(kelas eksperimen) dan XI IPS-4(kelas kontrol)berjumlah masing-masing kelas 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran problem solving dan kesiapan belajar siswa memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Pada uji hipotesis perbandingan nilai t 0,004 < 0,05 dan nilai t =2,941>0,3291 menunjukan bahwa H1 dan H2 diterima. Dilihat dari uji nilai (sig) dan uji f diperoleh nilai taraf sig = 0,024 < 0,05 artinya bahwa adanya pengaruh antara variabel model pembelajaran problem solving dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa artinya bahwa H3 diterima. Uji beda rata-rata nilai dari kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,00 < 0,05 dan pada model pembelajaran problem solving atau kelas eksperimen nilai rata-rata nya 79,92> 68,55 yang merupakan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah artinya H4 di terima.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Solving, Kesiapam Belajar Siswa, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Badria Abubakar - Personal Name
Student ID
1801080015
Dosen Pembimbing
Ari Data - 197209022003121003 - Dosen Pembimbing 1
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ari Data - 197209022003121003 - Ketua Penguji
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Abu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA