Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Katolik Sint Carolus Kupang
XMLPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas XI IPS SMA Katolik Sint Carolus Kupang. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Katolik Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Katolik Sint Carolus Kupang yang berjumlah 211 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 40 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah non tes dan tes hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t_hitung= 4,650 dan t_tabel = 2,024. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa │t_hitung│>t_tabelmaka H_o ditolak dan H_a diterima. Artinya 4,650 > 2,024, sehingga hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima yaitu model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Katolik Sint Carolus Kupang.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Kornelia Ose - Personal Name
|
Student ID |
1801080064
|
Dosen Pembimbing |
Markus, Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 1
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Ketua Penguji
MARKUS UMBU K YEWANG - 196423121994031002 - Penguji 1 ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Ose P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |