Skripsi
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tasifeto Barat
XMLLatar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 2 Tasifeto Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu), pengumpulan data menggunakan tes/soal (PreTest dan PostTest kelas Eksperimen dan kelas Kontrol ). Sampel penelitian ini berjumlah 60 peserta didik terdiri dari Kelas XI IPS I dan XI IPS II. Kelas XI IPS I sebagai kelas perlakuan yaitu dengan Model Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI IPS II sebagai kelas Kontrol dengan model ceramah.
Berdasarkan hasil penelitian ini uji hipotesis (Uji Independent Sample T-Test dapat diketahui hasil nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 (ditolak) Tidak ada pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 2 Tasifeto Barat dan H1 (diterima) Ada pengaruh metode mengajar Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 2 Tasifeto Barat.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA LARASTI RAE - Personal Name
|
Student ID |
1801080041
|
Dosen Pembimbing |
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Ketua Penguji
Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 RAE P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |