PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMANUBAN TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMANUBAN TIMUR

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah khususnya materi peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model Indek Card Match. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya penerapan model pembelajaran yang bervariasi oleh pendidik atau guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasi belajar yang diperoleh pun kurang memuaskan dalam mata pelajaran sejarah. Dengan menggunakan model index card match dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, peserta didik dapat bekerja sama dengan baik. Dengan adanya peranan model pembelajaran ini dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan presentase nilai setiap siklus yang diperoleh. Peningkatan hasil belajar 42 peserta didik dapat dilihat sebagai berikut, pada pra siklus yang mencapai nilai KKM terdapat 10 orang dengan presentase (23,80%), sedangkan peserta didik yang nilainya dibawah KKM 32 orang dengan presentase (76,19%). Kemudian terjadi peningkatan pada siklus I terdapat 25 orang dengan presentase (59,52%) yang tuntas, sementara 17 orang atau (40,47%) tidak tuntas. Pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa makin tinggi dengan terdapat 37 orang atau 88,09% yang tuntas dan 5 orang atau 11,90% yang tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penarapan model pembelajarn Index Card Match dalam proses pembelajaran, jika dilakukan dengan baik maka dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Sejarah, Model, Index Card Match


Detail Information

Item Type
Penulis
YORNI NATONIS - Personal Name
Student ID
1801090007
Dosen Pembimbing
FRANSINA APRILYSE NDOEN - 198608022014042001 - Dosen Pembimbing 1
STEVRIDAN YANTUS NEOLAKA - 199309242019031010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 1
STEVRIDAN YANTUS NEOLAKA - 199309242019031010 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 LAN
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA