Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa KELAS XI SMAN 8 KUPANG Melalui Pemanfaatan Game Edukasi Kahoot Berbasis Game Based Learning

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa KELAS XI SMAN 8 KUPANG Melalui Pemanfaatan Game Edukasi Kahoot Berbasis Game Based Learning

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan media game edukasi kahoot. Kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh guru, merupakan salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa. Masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS 3 SMAN 8 Kupang melalui pemanfaatan game edukasi kahoot berbasis game based learning?. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui pemanfaatan game edukasi kahoot berbasis game based learning pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 kupang. Dengan subjek penelitian 31 orang siswa kelas XI IPS 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah tes dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis hasil observasi aktivitas siswa dan teknik hasil tes siswa. Peneliti menemukan bahwa dengan penggunaan media game edukasi kahoot dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS 3 SMAN 8 Kupang. Hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I dan berlanjut ke siklus II yaitu 21 orang atau 67,74% yang tuntas hingga 30 orang atau 96,77% yang tuntas sementara 10 orang atau 32,25% tidak tuntas menjadi 1 orang atau 32,25% yang tidak tuntas. Nilai rata-rata siswa pun mengalami peningkatan dari 65,96 naik menjadi 85. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media game edukasi kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 3. Untuk itu peneliti menyarankan agar dalam pembelajaran mata pelajaran sejarah guru harus menggunakan media yang tepat.
Kata kunci: Hasil belajar, sejarah, media, game edukasi kahoot


Detail Information

Item Type
Penulis
MAGDALENA BUKU KEBAN - Personal Name
Student ID
1801090019
Dosen Pembimbing
FRANSINA APRILYSE NDOEN - 198608022014042001 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Ketua Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 Keb P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA