Skripsi
Analisis Pemasaran Jagung Manis Di Desa Pukdale Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang
XMLUntuk mengetahui besar biaya pemasaran, margin, dan efisiensi pemasaran jagung manis di Desa Pukdale Kecamatan Kupang Timur. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran yang di gunakan dalam pemasaran jagung manis di Desa Pukdale Kecamatan Kupang Timur antara lain: Saluran pemasaran I yakni saluran pemasaran langsung karena petani langsung menjual jagung manis ke konsumen; saluran pemasaran II yakni saluran pemasaran dengan perantara pedagang pengecer kemudian ke konsumen; saluran pemasaran III yakni saluran pemasaran dimana dalam menyalurkan jagung manis petani ke pedagang pengumpul kemudian ke pedagang pengecer lalu pedagang pengecer menjual jagung manis sampai ke konsumen. biaya pemasaran meliputi biaya transportasi, biaya tenaga kerja, biaya karung, biaya retribusi dan biaya pengangkutan. Margin pemasaran sebesar pada saluran I margin sebesar Rp.1000/kg, saluran II sebesar Rp.2000/kg, saluran III sebesar Rp.5000/kg. Efisiensi pemasaran sebesar 42% pada saluran I, pada saluran II sebesar 44% dan saluran ke III sebesar 46%. Hal ini menunjukkan bahwa dari ketiga saluran pemasaran jagung manis dalam penelitian ini kurang efisien.
Kata Kunci:Pemasaran, jagung manis, Efisiensi Pembimbing Utama*) Pembimbing Anggota)**
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Arkadius Dedi Kono - Personal Name
|
Student ID |
1704020153
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tomycho Olviana - 198210292008122002 - Ketua Penguji
Santhy Chamdra, - 8831080018 - Penguji 1 SONDANG PUDJIASTUTI - 195904201987022001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
54201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Agribisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
542.01 Kon A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |