Skripsi
STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH TAMU (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Hotel Sasando Kupang, Nusa Tenggara Timur)
XMLBerkembangnnya era globalisasi dan dunia bisnis, mengakibatkan banyaknnya persaingan antara perusahaan-perusahaan yang harus berkompetensi satu sama lain. Perusahaan tersebut harus memiliki daya tarik tersendiri dimata customer dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Hotel Sasando belum memiliki strategi pemasaran khusus secara eksplisit sehingga belum banyak program pemasaran yang dilakukan. Gaya hidup setiap konsumen yang berbeda mengakibatkan program pemasaran yang dirancangkan untuk kalangan tertentu belum tentu sesuai dengan gaya hidup konsumen pada kalangan lainnya. Permasalahan tersebut mengakibatkan pasar kurang berkembang dan terancam ditinggalkan konsumen karena tidak ada promosi yang memuaskan konsumen dari kalangan tertentu ataupun gagal memenuhi kebutuhan dan keinginan target pasar. Di lain pihak, pesaing dan pendatang baru di industri perhotelan di Kupang kini mulai gencar dalam kegiatan pemasaran dengan mengunakan media advertising sebagai alat pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus karena sesuai dengan apa yang peneliti akan teliti tentang Strategi Marketing Public relations Dalam Meningkatkan Jumlah Tamu (Study Deskriptif Kualitatif Hotel Sasando Kupang, Nusa Tenggara Timur) dimana peneliti akan melihat secara langsung.Keberadaan media sosial sangat membantu dalam kegiatan PR, hal ini seperti yang dilakukan oleh PR hotel Sasando Kupang dalam melakukan kegiatan promosi tentang layanan di Hotel Sasando.Publikasi melalui media sosial merupakan hal yang paling mudah di lakukan, karena tidak memerlukan banyak biaya dan tidak terikat oleh waktu atau dapat dikatakan bisa di lakukan kapan saja.Dari beberapa Strategi Marketing Public Relations yang telah di jalankan Hotel Sasando Kupang, peneliti manganalisa bahwa strategi yang dilakukan Hotel Sasando Kupang sejauh ini cukup efektif dalam memasarkan produk dan menarik minat konsumennya. Hal ini terlihat dari banyaknya konsumen yang mengetahui keberadaan Hotel Sasando Kupang melalui media massa dan media sosial serta yang telah diberikan konsumen.Pull Strategy yang dilakukan Hotel Sasando Kupang merupakan suatu taktik untuk menarik perhatian publik demi tercapainya tujuan dan meningkatkan jumlah penjualan barang atau jasa dengan cara menggunakan media sosial sebagai media untuk mempromosikan propertinya.Push Strategy yang dilakukan hotel Sasando yaitu dengan melakukan publikasi untuk mendorong dan merangsang minat konsumen, dengan cara publikasi melalui media massa, media sosial, radio, majalah, memasang thread iklan di website, kerjasama dengan e-commerce.Pass Strategy yang dilakukan Hotel Sasando Kupang yaitu dengan memberikan reward kepada konsumen dengan memberikan Loyalty Program, membuat kompetisi-kompetisi, memberikan ucapan pada peringatan hari-hari besar nasional.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Antonius Thedyrikus Usboko - Personal Name
|
Student ID |
1803050182
|
Dosen Pembimbing |
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Aslam - 198812242019031001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
Muhammad Aslam - 198812242019031001 - Penguji 1 Mas'amah - 197906172008012020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 Usb A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |