PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH TENTANG PERADABAN AWAL DI INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMKN KAKULUK MESAK TAHUN 2022

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH TENTANG PERADABAN AWAL DI INDONESIA PADA SISWA KELAS X SMKN KAKULUK MESAK TAHUN 2022

XML

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah tentang menelusuri peradaban awal di Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe Card Sort. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh model pembelajaran yang konvensional yang bersifat satu arah dan tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Jenis penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas X TKPI SMKN Kakuluk Mesak yang berjumlah 22 siswa. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumen. Data hasil penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran aktif tipe Card Sort pada mata pelajaran sejarah tentang Peradaban Awal di Indonesia di kelas X TKPI SMKN Kakuluk Mesak dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan: (1) data hasil belajar siswa dengan presentase angka ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 59% dengan nilai rata-rata 69,5 dan pada siklus II sebesar 86,3% dengan rata-rata nilai 81. (2) data hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 27 dengan presentase 67,5% dan pada siklus II mendapat skor 35 dengan presentase 87,5%. (3) (2) data hasil observasi siswa pada siklus I mendapat skor 29 dengan presentase 72,5% dan pada siklus II mendapat skor 33 dengan presentase 82,5%. Berdasarkan data hasil belajar siswa menunjukan adanya peningkatan sebesar 27,3%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran aktif tipe Card Sort dapat meningkatan hasil belajar sejarah tentang Peradaban Awal di Indonesia pada siswa kelas X TKPI SMKN Kakuluk Mesak.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran Card Sort


Detail Information

Item Type
Penulis
HENDRINA NIIS - Personal Name
Student ID
1801090032
Dosen Pembimbing
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Dosen Pembimbing 1
FRANSINA APRILYSE NDOEN - 198608022014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Penguji 1
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 IIS
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA