Skripsi
Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Dalam Menciptakan Kondisi Belajar di Rumah Bagi Siswa Kelas V SDI Fatufeto 2 Kota Kupang
XMLTujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman dan sikap serta bentuk-bentuk usaha orang tua sebagai pendidik dalam menciptakan kondisi belajar dan membantu aktivitas belajar di rumah siswa kelas V SDI Fatufeto 2.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini sendiri menggunakan model yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sampel pada penelitian ini berasal dari orang tua anak pada usia sekolah dasar secara khusus anak-anak pada jenjang kelas V SD. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan orang tua berperan aktif dalam mendampingi proses belajar anak selama masa pembelajaran jarak jauh (Daring). Bentuk peran orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran jarak jauh (Daring) yaitu menyediakan fasilitas belajar, mengawasi kegiatan belajar anak dengan meluangkan waktu membimbing anak dalam melaksanakan kegiatan belajar, mengawasi penggunaan waktu belajar dengan membuat jadwal belajar anak, menolong anak dalam menghadapi kesulitan belajar dengan memberikan ilmu tambahan yang diketahui, memberi motivasi dan perhatian bagi anak agar anak lebih semangat dalam belajar.
Kata Kunci : Covid-19, Peran Orang Tua, Kondisi Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Ester Deliana Rohi - Personal Name
|
Student ID |
1701140123
|
Dosen Pembimbing |
Netty E. A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Roh P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |