Peran Ibu Sebagai Orangtua Tunggal Dalam Memenuhi Kebutuhan Ekonomi Dan Pembentukan Karakter Anak Di Kelurahan Maubeli Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Ibu Sebagai Orangtua Tunggal Dalam Memenuhi Kebutuhan Ekonomi Dan Pembentukan Karakter Anak Di Kelurahan Maubeli Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Permasalahan untuk penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran ibu sebagai orangtua tunggal dalam memenuhi kebutuhan ekonomi? 2). Bagaimana pola asuh ibu sebagai orangtua tunggal dalam pembentukan karakter anak?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peran ibu sebagai orangtua tunggal dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. 2). Mendeskripsikan pola asuh ibu sebagai orangtua tunggal dalam pembentukan karakter anak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif, objek penelitiannya adalah peran ibu sebagai orangtua tunggal dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dan pola asuh ibu sebagai orangtua tunggal dalam pembentukan karakter anak sedangkan subjek dalam penelitian ini yaitu Ibu sebagai orangtua tunggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) ibu sebagai orangtua tunggal di Kelurahan Maubeli Kabupaten Timor Tengah Utara memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya dengan bekerja sebagai guru, wiraswasta, dan petani. Untuk mengatasi permasalaha ekonomi para orangtua tunggal memilih untuk mencari pekerjaan sampingan, menggunakan gaji pensiunan mendiang suami, mengambil uang tabungan yang ada atau mencari penjaman ke oranglain. 2) pola asuh ibu sebagai orangtua tunggal dalam membentuk karakter anak dilakukan dengan menerapkan berbagai bentuk pola asuh di kehidupan sehari-hari misalnya karakter religius diterapkan dengan pola asuh dialogis yang ditandai dengan mengajak anak beribadah dan mendukung segala kegiatan kerohanian anak, nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri menggunakan pola asuh koersif dengan cara tidak memanjakan dan membandingkan anak, serta memberikan kepercayaan kepada anak untuk mengatasi masalahnya. Sedangkan untuk pembentukan karakter dalam kaitannya dengan sesama dilakukan dengan membiasakan anak untuk berperilaku sopan kepada siapapun dan akan langsung menegur anak jika melakukan kesalahan.

Kata Kunci: Orangtua Tunggal, Kebutuhan Ekonomi, Karakter, Pola Asuh.


Detail Information

Item Type
Penulis
Erniyati Maria Kosat - Personal Name
Student ID
1901070031
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Meryana M. Doko - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Maria L. Bribin - 199305132019032025 - Penguji 1
Meryana M. Doko - 9908419686 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Kos P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA