Tinjauan Yuridis Turut Serta Dalam Melakukan Tindak Pidana Pembunuhan Terhadap Rikar Edison Wole Di Kota Ende (Studi Kasus Perkara Nomor 62/Pid.B/2019/Pn End)

Detail Cantuman

Skripsi

Tinjauan Yuridis Turut Serta Dalam Melakukan Tindak Pidana Pembunuhan Terhadap Rikar Edison Wole Di Kota Ende (Studi Kasus Perkara Nomor 62/Pid.B/2019/Pn End)

XML

Penulis merumuskan masalah ini yaitu: (1) Bagaimanakah konstruksi hukum perbuatan penyertaan dalam tindak pidana pembunuhan Rikar Edison Wole? (2) Bagaimanakah dasar pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap turut serta dalam tindak pidana pembunuhan Rikar Edison Wole Di Pengadilan Negeri Ende Nomor 62/Pid.B/2019/PN End?. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian empiris dimana penulis mendapatkan data langsung dari Pengadilan Negeri Ende, Kepolisian Resort Ende, dan wawancara langsung dengan pihak yang terlibat demi menjawab rumusan masalah yang diangkat penulis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Rikardus Didakus alias Riki dan Safrudin Usman alias Rudi sudah dapat dikatakan atau diklasifikasikan sebagai pemberi bantuan atau medeplichtigen dalam melakukan kejahatan dan perbuatan keduanya masuk dalam bentuk penyertaan berdiri sendiri adalah mereka yang melakukan dan yang turut serta melakukan tindak pidana. (2) Dasar bagi hakim dalam menjatuhkan putusan ialah surat dakwaan Jaksa penuntut umum yang berisi tuntutan dengan 2 dan 3 tahun kurungan penjara kepada dua terdakwa pelaku turut serta pembunuhan Rikar Edison Wole. Dengan memperhatikan bahwa perbuatan kedua terdakwa memiliki bobot yang berbeda serta tanggung jawabnya berbeda dengan pelaku utama ialah Indra Usman yang lebih berat yaitu menikam korban dan mengakibatkan kematian. Oleh karena perbuatan yang berbeda dalam tindak penyertaan tersebut hakim memutuskan pidana yang berbeda pula antara keduanya.


Detail Information

Item Type
Penulis
Geraldus D. Boro Sale - Personal Name
Student ID
1802010289
Dosen Pembimbing
Karolus K. Medan - 196204221990031001 - Dosen Pembimbing 1
BHISA VITUS WILHELMUS - 196106151989011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karolus K. Medan - - Ketua Penguji
Rudepel Petrus Leo - 196406121990031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Sal T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA