Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Tentang Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Gmit Besnake.

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Tentang Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Gmit Besnake.

XML

Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam pembelajaran tentang tema 1subtema 2 pembelajaran 1 untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Gmit Besnake?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 di kelas V SD Gmit Besnake.Dengan subjek penelitian 15 orang, laki-laki 6 orang dan perempuan 9 orang.Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi.Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Gmit Besnake dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 15 subjek penelitian 8 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (53,33%) karena siswa memperhatikan penjelasan guru, selalu berpatisipasi aktif dalam kerja kelompok siswa sesuai langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, sedangkan siswa tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase ketuntasan sebesar (46,66%) karena guru belum menguasai kelas dengan baik, guru belum sepenuhnya menguasai langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, guru belum mengerti materi yang diajarkan, siswa belum terbiasa dengan model yang digunakan dan siswa kurang sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 15 subjek penelitian 13 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (86,66%) karena siswa sudah terbiasa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan baik. Sedangkan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (13,33%) karena masih kurang aktif dalam kelompok dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.
Kata Kunci:Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Ifoni Irensi Pais - Personal Name
Student ID
1701140194
Dosen Pembimbing
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Salmun Pais - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Pai P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA