Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Tentang Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Gmit Besnake.
XMLRumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam pembelajaran tentang tema 1subtema 2 pembelajaran 1 untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Gmit Besnake?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 di kelas V SD Gmit Besnake.Dengan subjek penelitian 15 orang, laki-laki 6 orang dan perempuan 9 orang.Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi.Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Gmit Besnake dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 15 subjek penelitian 8 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (53,33%) karena siswa memperhatikan penjelasan guru, selalu berpatisipasi aktif dalam kerja kelompok siswa sesuai langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, sedangkan siswa tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase ketuntasan sebesar (46,66%) karena guru belum menguasai kelas dengan baik, guru belum sepenuhnya menguasai langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, guru belum mengerti materi yang diajarkan, siswa belum terbiasa dengan model yang digunakan dan siswa kurang sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 15 subjek penelitian 13 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (86,66%) karena siswa sudah terbiasa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan baik. Sedangkan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (13,33%) karena masih kurang aktif dalam kelompok dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.
Kata Kunci:Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Ifoni Irensi Pais - Personal Name
|
Student ID |
1701140194
|
Dosen Pembimbing |
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor |
Salmun Pais - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Pai P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |