Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Mollo Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Mollo Selatan

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Ekspositori terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMAN 1 Mollo Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pengamatan yaitu Kelas Eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Kelas Kontrol menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 2 di SMA Negeri 1 Mollo Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-test dan Post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hopotesis yang digunakan adalah H_O = Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Ekspositori terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mollo Selatan dan H_a = Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Ekspositori terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mollo Selatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Ekspositori terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mollo Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Two Stay Two Stray sebesar 88,30 dan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan model Ekspositori memiliki nilai rata-rata sebesar 76,80. Selain itu hasil uji Independen Sample Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,00 < 0,05.
Kata Kunci : Pengaruh, Model, Two Stay Two Stray, Ekspositori, Pembelajaran.


Detail Information

Item Type
Penulis
YANDRI PITAY - Personal Name
Student ID
1801090008
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 TAY
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA