PERAN KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT(Studi Kasus: Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPMPKH) Desa Colol Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT(Studi Kasus: Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPMPKH) Desa Colol Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kelompok Usaha Bersama(KUBE) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat DesaColol Kecamatan LambaLeda Timur Kabupaten Manggarai Timur dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengadakan kegiatan pemberdayaan ekonomi diantaranya adanya pertemuan rutin anggota, adanya permodalan dari bantuan KPM PKH, pelatihan keterampilan, Koprasi bersama atau bisa disebut Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP), usaha penggemukan ikan lele air tawar, penjualan ayam pedaging, serta usaha bisnis kopi Colol. Jadi,dengan adanya KUBE maka dapat meningkatkan keterampilan anggota kelompok dan meningkatkan kesejahteraan anggota yang ditandai dengan meningkatnya pendapatan masyarakat. Dari peningkatan pendapatan tersebut anggota dapat menggunakannya untuk memperbaiki kondisi rumah dan membantu memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Faktor pendukung yang mempengaruhi peningkatan kelompok berupa terdapat potensi sumber daya alam yang sesuai dengan usaha kelompok, adanya interaksi dan motivasi dari pendamping KUBE serta kerjasama dengan masyarakat Desa Colol. Sedangkan, yang menjadi faktor penghambat pelaksanaan program adalah sulit untuk memanajemen keuangan kelompok, kurangnya keaktifan anggota KUBE saat ada rapat dalam kelompok, pembiayaan dan permodalan, serta keadaan pandemi yang terjadi belakangan ini.
Kata Kunci : Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Kesejahteraan Masyarakat


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA ELSIANA MAWUNG - Personal Name
Student ID
1810010034
Dosen Pembimbing
NIKSON TAMENO - 197301012006041001 - Dosen Pembimbing 1
CICILIA A. TUNGGA - 199104252018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nikson Tameno - 197301012006041001 - Ketua Penguji
CICILIA A. TUNGGA - 199104252018032001 - Penguji 1
Marselina Ratu - 197903262008122004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
60201
Edisi
Published
Departement
Ekonomi Pembangunan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
602.01 MAW P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA